Cursor Keren

Selasa, 03 Februari 2015

MAKALAH ALAT KOMUNIKASI

KATA PENGANTAR


Assalamualaikum Waromatullahi Wabarokatuh, Puja dan Puji Syukur Senantiasa kita panjatkan kahadirat Allah SWT.  Karena berkat rahmat, hidayah, nikmat serta kesehatan dan kesempatan yang di anugrahkan-Nya saya dapat menyelesaikan penyusunan Makalah ini.

Makalah ini disusun dan dibuat berdasarkan materi-materi yang ada. Materi bertujuan agar dapat menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa dalam belajar teknologi informasi dan komunikasi. Serta mahasiswa juga dapat memehami nilai-nilai dasar yang di refleksikan dalam berpikir dan bertindak.



















SDAFTAR ISI

KATA PENGANTAR …………………………………………………………. 1
DAFTAR ISI ………….………………………………………………………... 2

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.    Sejarah Komunikasi ……………………………………………………….. 4
1.2.    Pengertian Komunikasi ……………………………………………………. 4

BAB II
PEMBAHASAN
2.1.    Macam-Macam Alat Komunikasi …………………………………………. 6
    2.1.1.    Telepon ……………………………………………………………… 6
    2.1.2.    Telegram ……………………………………………………………. 7
    2.1.3.    Telepon Genggam …………………………………………………... 7
    2.1.4.    Faksimili (FAX) …………………………………………………….. 8
    2.1.5.    Komputer …………………………………………………………… 9

BAB III
PENUTUP
3.1.    Kesimpulan ……………………………………………………………….. 10

DAFTAR PUSTAKA ………..………………………………………………… 11










BAB I
PENDAHULUAN
   

1.1.    Sejarah Komunikasi

Sejak jaman dahulu manusia telah menciptakan berbagai alat dalam melakukan komunikasi khususnya media komunikasi jarak jauh untuk mendapatkan informasi atau tujuan lainnya tanpa perlu mendatangi langsung ke tempat tujuan untuk mengetahui informasi tersebut. Pernahkah kamu bayangkan, apa jadinya jika sejarah perkembangan komunikasi sama sekali tidak pernah terjadi.
Bagaimana caranya seseorang menyampaikan keinginannya terhadap sesuatu kepada orang lain jika keberadaan komunikasi tidak pernah hadir. Rasanya, sulit sekali membayangkan hal tersebut, bukan.

Untung saja, manusia sebagai mahluk sosial yang memiliki keunggulan akal dibanding mahluk Tuhan lainnya memiliki cara pintar untuk saling memahami satu sama lain. Ya, komunikasi. Sejarah perkembangan komunikasi terus mengalami perubahan di setiap masa. Mulai zaman prasejarah hingga era modern seperti saat ini. Langsung saja ini merupakan sejarah perkembangan alat komunikasi dari masa ke masa yang telah diciptakan manusia untuk mendapatkan informasi yang lebih mudah dan maksimal.


1.2.     Pengertian Komunikasi

        Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”),secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis Dalam kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna.  Jadi,

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal.



KLIK HERE TO DOWNLOAD MAKALAH

0 komentar:

Posting Komentar