BAB I.
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Definisi
Sistem Pelayanan adalah Prosedur atau tata cara untuk memberikan pelayanan
kepada pelanggan yang melibatkan seluruh fasilitas fisik yang dimiliki dan SDM
yang ada. Sistem pelayanan ini harus konsisten dengan paket pelayanan,
dirancang secara sederhana agar tidak mem-bingungkan pelanggan. Salah satu
indikator sistem pelayanan yang efektif adalah kemudahan untuk memberikan
pelayanan dengan sistem yang nyaris tidak tampak (Albrecht & Zemke, 1990)
Pelayanan umum adalah
proseskegiatan yang dilakukan oleh orang atau lembaga untuk melayani dan
menyediakankebutuhan barang dan jasa pelanggan sehingga tercapanya rasa puas
bagi para pelanggan (customer). Apa yang dimaksud dengan strategy disini, yaitu
suatu upaya taktis yang dilakukan orang atau lembaga pelayanan secarabertahap
berdasarkan azas dan perioritas dan target waktu yang dibutuhkan.Tujuan
pelayananpublic bagi pemerintahan adalah sesuai dengan pembukaan Undang-Undang
Dasar1945 yaitu kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa,
jadi sasarannya adalah rakyat pemegang kekuasaan pada Negara
demokrasi.Negarakita adalah negara demokrasi bukan Negara kekuasaan,jadi
cirinya ialah bahwahak asasi warga negaralah harus dinomor satukan.oleh karena
itu pemerintahan yang baik (good governance) adalah pemerintahan yang melakukan
tugas, wewenang dan kewajiban secara
terbuka(transparan),efectif,efisien,akuntabel dan bertanggung jawab. Dengan
demikian maka pelayanan umum yang dilakukan oleh lembaga-lemabaga negara(publik),
atau lembaga swasta non pemerintah adalah pelayanan umumnyasasarannya hasilnya
adalah mengedepankan kepentingan umum.
Kepuasan pelanggan yaitu respon atau tanggapan
yang diberikan para konsumen setelah terpenuhinya kebutuhan mereka akan sebuah
produk ataupun jasa, sehingga para konsumen memperoleh rasa nyaman dan senang
karena harapannya telah terpenuhi.
Selain itu kepuasan pelanggan juga sering dijadikan sebagai salah satu tujuan utama dari strategi pemasaran bisnis, baik bisnis yang dijalankan dengan memproduksi barang maupun bisnis jasa.
Selain itu kepuasan pelanggan juga sering dijadikan sebagai salah satu tujuan utama dari strategi pemasaran bisnis, baik bisnis yang dijalankan dengan memproduksi barang maupun bisnis jasa.
Keberhasilan strategi
pemasaran suatu usaha dapat dicapai jika kepuasan pelanggan telah terpenuhi.
Namun untuk memperoleh kepuasan pelanggan tidaklah mudah, karena tiap pelanggan
memiliki tingkat kepuasan yang berbeda.
B. RUMUSAN MASALAH
1.
Tujuan Utama Customer Service?
2.
Tahap Proses Pelayanan Konsumen ?
3.
Macam-Macam tugas ?
4.
Aspek-ASpek kunci dalam pelayanan konsumen ?
C. TUJUAN DAN MANFAAT
Untuk mengetahui apa itu Customer
Service serta bagaimana cara penerapannya.
0 komentar:
Posting Komentar