Cursor Keren

Selasa, 03 Februari 2015

MAKALAH PENYAKIT REPRODUKSI PADA MANUSIA



BAB I
PENDAHULUAN

Penyakit kelamin adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh kuman yang ditularkan melalui hubungan seks oral maupun melalui hubungan kelamin. Jenisnya bermacam-macam, dari gonorhea, sifilis, herpes, HIV/AIDS, dll.
Sebagian penyakit kelamin sudah dapat disembuhkan, namun untuk penyakit-penyakit tertentu seperti HIV/AIDS sampai kini belum ditemukan obatnya. Penularan penyakit kelamin dapat dihindari dengan jalan menghindari hubungan kelamin secara sembarangan (seks bebas), dengan setia kepada satu orang pasangan saja, atau dengan menggunakan alat-alat pencegahan seperti kondom. Penyakit kelamin tertentu dapat disembuhkan dengan pengobatan yang teratur, misalnya dengan antibiotika. Namun demikian, mutasi kuman dapat menghasilkan kuman-kuman yang kebal terhadap pengobatan yang diberikan, sehingga kemudian malah muncul varian yang lebih ganas seperti misalnya Vietnam rose yang muncul di masa Perang Vietnam.
HIV/AID dapat pula ditulari melalui penggunaan jarum suntik yang telah tercemar oleh kuman HIV/AIDS, misalnya seperti yang sering dilakukan oleh para pemakai obat bius. Sampai sekarang HIV/AIDS belum dapat disembuhkan. Obat-obatan yang diberikan kepada penederita HIV sampai sekarang baru mampu memperpanjang hidup si pasien. Penyakit kelamin akibat hubungan seks bebas semakin hari meningkat. Semakin banyak kasus penyakit menular seksual dijumpai, seperti sifilis, gonorrhoe, dan paling parah bisa tertular HIV-AIDS. Dengan begitu, banyak para psikolog menganjurkan kepada setiap pasangan di negeri ini untuk melakukan hubungan seksual setelah resmi menikah. Ini untuk menghindari banyaknya kasus penyakit menular seks yang berbahaya. Bahkan, pemerintah dan pakar seks menganjurkan pada setiap pasangan agar menghormati hubungan seks sebagai suatu hal yang sakral.




Penyakit ini dulunya disebut VD (Venereal disease) atau penyakit kelamin. Penyakit kelamin menular ini sebagian besar dapat diobati dengan mudah bila terdeteksi. Salah satu penyakit kelamin menular yang berbahaya adalah HIV/AIDS.
Ragam penyakit kelamin menular (STD) mulai dari Chlamydia, kencing nanah (gonore), kutil di alat kelamin (genital warts), herpes disebabkan oleh bakteri. Infeksi dimulai beberapa hari sampai beberapa minggu setelah hubungan intim dengan orang yang terjangkit penyakit ini 

KLIK HERE TO DOWNLOAD MAKALAH

0 komentar:

Posting Komentar