Cursor Keren

Selasa, 03 Februari 2015

MAKALAH ASAS-ASAS FUNGSI KURIKULUM



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kurikulum merupakan suatu rancangan pendidikan yang memiliki kedudukan cukup penting dalam seluruh kegiatan pendidikan, juga menentukan proses pelaksanaan dan hasil pendidikan. Penyususnan kurikulum tidak dapat dikerjakan secara sembarangan, mengingat pentingnya peran kurikulum di dalam pendidikan perkembangan kehidupan manusia secara umum.Dalam pengembangan kurikulum, ada beberapa landasan utama, yaitu asas psikologi anak Indonesia sendiri, asas sosiologi atau keadaan bangsa Indonesia sendiri, asas perkembangan IPTEKS di dunia, dan asas filsafat bangsa Indonesia sendiri, yaitu filsafat pancasila.
Perkembangan psikologis anak Indonesia belum secara penuh diteliti oleh bangsa Indonesia. Hal ini disebabkan banyaknya suku bangsa di Indonesia yang memiliki berbagai ciri khas. Pada dasarnya psikologis anak inilah yang nantinya dijadikan dasar-dasar pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan oleh kurikulum yang berlaku.Kurikulum hendaknya memperhatikan keadaan lingkungan fisik maupun lungkungan non fisik. Agar kurikulum berdasar keadaan sekitar lahirlah kurikulum muatan local yang dasarnya pada keadaan lingkungaan setampat.
Perkembangan IPTEKS di Indonesia disadari bahwa masih tertinggal jika dibandingan dengan negara-negara maju lainnya. Oleh karena itu, bahan-bahan berupa IPTEKS yang dicantumkan dalam kurikulum di Indonesia masih dikejar.

Hingga kini filsafat pancasila yang dianut oleh bangsa Indonesia masih merupakan bahan yang ideal. Namun terkadang sebagian besar di sekolah-sekolah pendidikan pancasila masih bersifat pengajaran kognitif. Jadi, Pendidikan pancasila di Indonesia diharapkan dapat membentuk watak kepribadian bangsa Indonesia.Demikian gambaran ke-empat dasar kurikulum tersebut yang harus dijadikan landasan untuk pengembangan selanjutnya. Pada butir satu sampai tiga selalu berkembang dan berubah.

0 komentar:

Posting Komentar