Cursor Keren

Selasa, 03 Februari 2015

MAKALAH NERACA



BAB 1
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Ilmu ekonomi sebagai bentuk dari usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam kesehariannya terus mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Perekonomian dari berbagai belahan dunia maupun dari negara indonesia sendiri menunjukan perkembangannya dalam era globalisasi seperti saat ini,tujuannya tidak lain hanyalah  untuk mensejahterakan masyarakat negara itu sendiri. Permasalahan yang di alami di indonesia dalam era globalisasi tak hanya melibatkan kaum politisi saja,namun masyarakat indonesia sendiri turut berperan penting dalam kemajuan perekonomian di indonesia. Selain sumber daya manusia itu sendiri,agama,kebudayaan,sumber daya alam,letak geografis dan ideologi pun turut serta  menjadi pendorong bagi kemajuan dan perkembangan perekonomian di indonesia.
Dalam perkembangan perekonomian di indonesia,tidak hanya melibatkan satu negara saja,akan tetapi indonesia masih butuh dan perlunya hubungan perekonomian dengan negara-negara lainnya,agar terciptanya perekonomian yang stabil dan berjalan dengan semestinya.



BAB II
PEMBAHASAN
1. NERACA PEMBAYARAN
A.    Definisi
Neraca pembayaran merupakan suatu ikhtisar yang meringkas transaksi – transaksi antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain selama jangka waktu tertentu (biasanya 1 tahun ). Neraca pembayaran mencakup pembelian dan penjualan barang dan jasa, hibah dari individu dan pemerintah asing, dan transaksi finansial. Umumnya neraca pembayaran terbagi atas neraca transaksi berjalan dan neraca lalu lintas modal dan finansial, dan item item finansial. Dan untuk menyusun neraca pembayaran luar negeri atau neraca pembayaran internasional, perlu dibedakan antara transaksi debit dengan transaksi kredit.
1.      Transaksi Debit adalah transaksi yang menimbulkan bertambahnya kewajiban bagi  
penduduk negara yang mempunyai neraca pembayaran tersebut untuk mengadakan pembayaran kepada penduduk negara lain.
2.      Transaksi Kredit adalah transaksi yang menimbulkan bertambahnya hak bagi penduduk yang mempunyai neraca pembayaran tersebut untuk menerima pembayaran dari negara lain.
B. Konsep
Secara umum dikenal empat konsep keseimbangan neraca pembayaran, yaitu:
a.      Konsep Keseimbangan Perdagangan (Trade Balance)
Dalam konsep ini, transaksi yang termasuk dalam autonomous transaction (transaksi yang mengakibatkan surplus atau defisit)hanya transaksi ekspor dan impor barang sehingga keseimbangan neraca pembayaran diukur dari berapa besarnya surplus atau defisit kedua transaksi tersebut.
b.      Konsep Keseimbangan Transaksi Berjalan (Current Account Balance)
Untuk menentukan surplus atau defisit pada autonomous transaction selain diperhitungkan ekspor dan impor, juga diperhitungkan jasa-jasa, termasuk penghasilan (income) dan transfer.

0 komentar:

Posting Komentar